Dot To Dot 3 Column

Friday, 24 June 2011

Diabet, "Ibu Segala Penyakit" Penyebab Berat Badan Turun Drastis

Anda mungkin pernah menjumpai orang yang semula gemuk tiba-tiba menjadi kurus setelah didiagnosis diabetes. Padahal, berat badan menurun itu bukan akibat diet yang berhasil, melainkan akibat pankreas mulai rusak.

Fungsi pankreas adalah memproduksi insulin untuk memproses asupan glukosa sebagai sumber energi. Pada orang yang menderita diabetes, tubuhnya gagal mengelola gula menjadi energi akibat terjadinya resistensi insulin.

"Karena tubuh butuh energi, ia mencari alternatif dengan cara memecah lemak untuk menjadi energi. Kalau tidak cukup, protein atau otot yang dipecah sehingga lama-lama berat badan menyusut," kata dr Imam Subekti, Sp PD dari Divisi Metabolik dan Endokrinologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam, FKUI/RSCM Jakarta.

Namun, menurut dr Imam, pada dasarnya, orang gemuk yang menderita diabetes memang harus menurunkan berat badannya lewat perubahan gaya hidup. "Bila sudah muncul gejala-gejala diabetes, perubahan gaya hidup sudah harus dilakukan agar penyakitnya terkendali," katanya.

Selain berat badan menurun, gejala klasik diabetes lainnya adalah banyak minum, sering buang air kecil, dan nafsu makan meningkat. Bila diabetes tidak terkontrol, bisa menimbulkan komplikasi, seperti impotensi, stroke, gangguan dalam melihat, gagal ginjal, serta luka di kaki.

Gejala Umum Penyakit Diabetes/Kencing Manis Yang Perlu Anda Waspadai
Sebenarnya Diabetes merupakan penyakit keturunan atau bawaan Gen. Bila orang tua kita menderita Diabetes kemungkinan besar kita akan menderita Diabetes juga. Jadi dengan melihat garis keturunan kita harus waspada karena tidak 100 persen muncul penyakit itu, kemungkinan kita sebagai pembawa sifat/ gen kemungkinan yang kena anak kita dst. Gejala atau symptom Diabetes Mellitus, atau Kencing Manis antara lain; Obesitas/Kegemukan, sering kencing/polyuria, banyak berkeringat, berat badan menurun drastis, selalu merasa lapar dan haus/polydipsia, lesu, dan kalau luka sulit sembuh.
Gejala atau symptom Diabetes atau Penyakit Kencing Manis
1. OBESITAS atau KEGEMUKAN
Orang yang bertubuh gemuk perlu berhati-hati, kemungkinan tahap awal atau akut. Sebaiknya bagi orang-orang yang bertubuh gendut memeriksakan kadar gula darah agar cepat mengetahui terkena diabetes atau tidak, kenyataannya tidak semua orang gemuk menderita diabetes jadi lebih baik jaga-jaga dari pada tahu-tahu sudah kronis.
2. SERING KENCING / POLYURIA
Apabila tubuh terus menerus menerima asupan makanan atau minuman berkadar gula tinggi, sedangkan tubuh tidak mampu menguraikannya, kelebihan gula tersebut oleh tubuh diusahakan untuk dikeluarkan dari tubuh lewat keringat atau urine/kencing. Maka keluarlah air kencing atau urine yang mengandung gula.
Tidak ada catatan berapa kali orang kencing setiap harinya yang dianggap normal, tetapi kira-kira 7-8 kali kencing sehari masih dianggap normal.
3. BANYAK BERKERINGAT
Seperti tertera di atas, kelebihan air akan dikeluarkan salah satunya lewat keringat. Perhatikan orang yang gemuk cenderung banyak berkeringat. Banyak keringat ini sebagai salah satu upaya tubuh untuk mengeluarkan kelebihan gula dalam darahnya.
4. SELALU MERASA LAPAR DAN HAUS (PolyDipsia)
Karena gula tidak bisa dirubah jadi glukogen, maka akan dibuang lewat urine/keringat. Sebagai akibatnya tubuh akan tetap kekurangan energy dan menuntut asupan makan dan minum terus (PolyPhagia) sehingga penderita Diabetes akan selalu merasa lapar dan haus
5. BERAT BADAN MENURUN DRASTIS
Walaupun penderita diabetes makan dan minum banyak tetapi tidak dapat menjadi daging dan berat badannya akan turun drastis. Makan minum yang mengandung karbohidrat akan dibuang percuma lewat urine, sehingga tubuh akan membakar lemak dan protein yang ada dalam tubuh.
6. LESU
Ini adalah konsekuensi logis dengan kirangnya asupan, sedangkan gula yang ada hanya dibuang lewat urine maka tubuh akan merasa lemas,lesu,letih dan mudah capek.
7. LUKA SULIT SEMBUH
Akibat kelebihan zat gula dalam tubuh, bila penderita mengalami luka akan sulit sembuh akibat luka tidak kering-kering.
Bila ada gejala-gejala seperti yang telah kami sampaikan diatas, seyogyanya segera memeriksakan ke dokter dan laboratorium agar segera diketahui gejala Diabetes. Lebih baik segera mengobati sebelum Diabetes mengakibatkan komplikasi yang lebih luas. Diabetes dikenal sebagai IBU SEGALA PENYAKIT, karena dengan adanya Diabetes maka akan mengakibatkan komplikasi ke Jantung, Ginjal, dll. (fn/km/ksh) www.suaramedia.com

No comments:

Post a Comment

Blog Archive